Muhammad Wildan Mahardika

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya

Sekolah Ku

SEKOLAH BERSIH BELAJAR PUN NYAMAN

Pada suatu hari, kepala sekolah SMP PATRIOT PONTIANAK sangat marah kepada siswa-siswi SMP PATRIOT karena lingkungan sekolah yang sangat kotor dan tidak terawat.Kepala sekolah pun mengadakan rapat dengan para walikelas dan memberikan intruksi agar siwa-siswi membersihkan kelasnya masing-masing. Namun, hal ini tak berhasil memberikan kesadaran masing-masing siswa. Bapak ibu guru pun menerapkan untuk tidak memakai kantong plastik dari kantin dan mengharuskan membawa tepak makan dan botol minum sendiri agar sampah di SMP PATRIOT berkurang. Hal itu dilakukan hanya sampai beberapa bulan saja, memang pada awalnya siswa sangat patuh terhdap aturan itu hingga sampah jarang berserakan dimana-mana. Namun, hal ini tidak bertahan lama. Siswa kembali tidak mematuhi aturan dan sering melanggar,begitu pula dengan penjual di kantin sekolah, mereka juga sama bandelnya dengan siswa-siswi SMP PATRIOT.

Pada saat upacara hari senin, ibu kepala sekolah memberikan informasi bahwa kelas IX akan mengikuti seminar tentang lingkungan hidup di Aula SMP ANGKASA. Setelah upacara selesai siwa-siswi kalas IX bergegas menuju Aula untuk mengikuti seminar tersebut. seminar tersebut banyak sekali memberikan motivasi buat para siswa-siwsi SMP PATRIOT.
“ Pak apakah lingkungan bersih berpengaruh terhadap belajar” Tanya salah satu murid kelas IX
tentu saja berpengaruh sangat besar terutama pada kalian kelas IX yang sebentar lg akan menghadapi Ujian-ujian. Sekarang gini apakah kalian selama ini belajar dengan lingkungan yg kotor membuat kalian nyaman?” tanyak Bapak itu kepada siswa-siswi SMP PATRIOT
tidak pakjawab serentak
“ nah maka dari itu lingkungan yang kotor itu sangat berpengaruh kepada kalian. Sebenarnya bukan tentang tugas yang banyak hingga kalian malas untuk mengerjakannya, tapi lingkungan yang kotor itu yang membuat kalian malas. Coba dengan lingkungan yg bersih, pasti belajar kalian juga akan menjadi nyaman. Yaitu karena bau yang semula tidak enak menjadi bau yang menyejukkan, udara yg semula panas menjadi sejuk dan dingin. Maka dari itu kalian sebagai kelas IX harus member contoh yg baik kepada adik-adik kelas kalian.” Jelas Bapak tersebut
lalu bagaimana caranya pak kalau masih banyak siswa-siswi yg kesadarannya kurang akan kebersihan” Tanya salah satu murid kelas IX
ya kalian mulai dari diri kalian masing-masing. Nanti juga akan banyak teman-teman kalian yg sadar akan kebersihanterang Bapak tersebut. Setelah seminar selesai kelas IX pun kembali ke kelasnya masing-masing. Selang beberapa hari banyak perubahan pada siswa-siswi kelas IX. Yaitu mulai dari tertibnya membuang sampah, lingkungan koridor kelas IX yg akhir-akhir ini menjadi bersih, kelas mereka masing-masing bersih. Ternyata seminar yg diadakan 5 hari yang lalu sangat memotivasi siswa-siswi kelas IX. Tetapi siswa kelas VII dan VIII masih sulit untuk melakukan hal tersebut meskipun kelas IX sudah memberikan contoh.

Pada saat hari pahlawan 10 november osis mengadakan lomba kebersihan kelas. Dan kelas IX antusias membersihkan kelas mereka masing-masihng , berbeda dengan kelas VII dan VIII karena masih sedikit siswa yg membersihkan kelas mereka. Setelah acara selesai, Kepala sekolah pun mengumumkan pemenang dari lomba tersebut. pemenangnya rata-rata dari kelas IX. Memang harus diakui kelas IX akhir-akhir ini kelasnya sangat bersih terutama kelas IX B dan IX G. kelas IX G meraih juara 1, kelas IX B juara 2 dan kelas IX D meraih juara 3. Mereka memdapatkan piala dan bingkisan dari kepala sekolah.
“ semoga kelas kalian dapat menjadi kelas inspirasi bagi kelas-kelas lain. Karena kenyamanan belajar tergantung dari bersihnya lingkungan sekitar kalian “ ucap kepala sekolah. Beberapa hari kemudian setelah diadakan lomba Kepala sekolah mengelilingi sekolah, beliau terkejut karena beliau tidak lagi melihat sampah yg berserakan di lorong-lorong sekolah maupun di kantin. Lalu beliau melihat kelas-kelas yg dilaluinya dan ternyata kelas itu sangat bersih dan beda dari sebelumnya. Kelas yang dilalui kepala sekolah itu adalah kelas XII dan XIII kelas yg selama ini sering melanggar peraturan membuang sampah menjadi kelas yang bersih dan didalam kelas tersebut banyak sekali kerajinan-kerajinan yang dipajang di depan kelas dan grafity di papan madding belakang kelas menjadikan kelas tampak berwarna. Bukan hanya hal itu saja, tetapi kelas mereka tertata dengan rapi dan terdapat gantungan map punya siswa masing-masing. Kantin sekolah juga sangat bersih, sampah-sampah yang awalnya berserakan kini tidak ada sampah sama sekali dan meja makan tertata rapi, lantai yang berubah menjadi warna putih bersih. Ini semua merupakan dampak postifi dari kelas IX yang sangat patuh terhadap kebersihan sehingga adik-adik kelasnya mencontoh hal tersebut. kepala sekolah pun juga bangga terhadap osis yg telah mengadakan lomba kebersihan antarkelas.


Pada hari kamis kepala sekolah mengumumkan bahwa pada hari jumat akan diadakan kegiatan jumat bersih, yaitu dimana semua siswa bergotong royong membersihkan sekolah. Keesokan harinya banyak siswa yang membawa sapu, kain pel, ember dan keperluan lainnya. Siswa yang absen 1 sampai 5 membersihkan lapangan sekolah dan siswa yang absen 6 sampai 40 membersihkan kelasnya masing-masing. Di lapangan banyak sekali siswa yang antusias membersihkan selokan, membersihkan sisa ranting ataupun dedaunan yang gugur ke lapangan. Begitupula yang di dalam kelas, ada yang membersihkan jendela, membersihkan wastafel bagi kelas yang memiliki wastafel, membersihkan lemari yang berdebu dan lain sebagainya. Setelah semuanya selesai dan kegiatan jumat bersih sudah selesai siswa-siswi pun kembali beraktivitas mengikuti pelajaran. Disamping itu kepala sekolah berjalan menyusuri seluruh kelas yang ada di SMP PATRIOT dan ternyata kelas kelas yang dilewatinya sangat bersih dan sangat rapi. Pada hari senin pada saat upacara, kepala sekolah mengucapkan terimakasih kepada siswa yang terlah bersedia menjaga kebersihan sekolah dan menjaga nama baik almamater sekolah.kepala sekolah pun memberikan hadiah kepada kelas-kelas yang bersih dan beliau juga memberikan motivasi tentang manfaat lingkungan yang bersih dan higenis. Siswa yang berada ditengah lapangan menyimak ibu kepala sekolah yang sedang berada di depan lapngan sekolah. Mereka sangat antusias mendengarkan apa yang dikatakan oleh kepala sekolah walaupun matahari sudah terlihat di ufuk timur.
saya bangga terhadap kalian yang sudah menjaga kebersihan sekolah, saya awalnya tidak percaya dengan hal ini namun kenyataannya yang membuat saya kagum dengan kalian. Karena dengan lingkungan sekolah dan kelas yang bersih akan membuat belajar kalian menjadi nyaman dan bahkan lebih konsentrasi dalam mengerjakan tugas dan pastinya membuat kalian betah berada di sekolahterang ibu kepala sekolah. Murid-murid pun serentak bertepuk tangan dan upacara pun selesai. Siswa-siswi meninggalkan lapangan dan menuju kelas mereka masing-masing dan mulai beraktivitas kembali seperti biasanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Siswa Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali